Selamat datang

Selamat datang di Blog saya

Kamis, 22 Oktober 2015

Si Jago Renang



Saat duduk di bangku kelas 2 -3 SD, saya bersama teman-teman se komplek, ikut les renang di Cibubur. Anehnya, tiap saya berenang, setelah melakukan pemanasan, yang lainnya di pegangi satu per satu oleh pelatihnya dari ujung yg satu hingga ujung yang lain. Sedangkan saya, hanya di bilang “kamu bolak-balik 10x”, dan saya ikuti saja sampai selesai. Hingga saat teman-teman yang lain ujian dengan ukuran yang pendek (25 m), sementara saya di suruh yang panjang sekitar 50 m sendirian, yang kedalamannya pendek di ujung-ujungnya, sekitar 1,5 m dan dalam di tengah, 2 m. Untuk ukuran anak kecil, itu sudah termasuk dalam dan jaraknya cukup jauh. Dan akhirnya saya berhasil sampai, meskipun beberapa kali berhenti, karena lelah dan memang di perbolehkan.

Saat saya duduk di kelas 2 -3 SMP, saya baru pindah dari Jakarta ke Kendari ( Sulawesi Tenggara) ikut Papa yang dinas disana. Saya ajak Papa renang, karena sudah lama, saya langsung masuk ke tengah-tengah, tiba-tiba ada yg panik, dan manggil-manggil. Ternyata beliau adalah pelatih renang disana, setelah melihat saya berenang, beliau langsung mengajak saya bergabung untuk mengikuti PORDA (Pekan Olah Raga Daerah) ke IX di Kendari, Sulawesi Tenggara mewakili Muna (Raha), yang diadakan pada 15 Juli s/d 31 Juli 2002.   


Akhirnya saya setuju, ikuti semua pelatihannya, pemondokannya, dan pertandingannya, meskipun tidak juara, tapi saya bangga pernah mengikutinya.  Biarkan di katain sama Kakak sendiri yang datang dari Jakarta dan bertanya "Ini ade gw? Item banget." Tidak apa, yang penting saya pernah ikut jadi Athlete nya, bukan cuma Kakak saja yang bisa jadi penarinya waktu PON. 

Dan terbukti, setelah mewakili Raha, saya ikut ke Jakarta dengan naik kapal laut, pengalaman pertama naik kapal laut yang memakan waktu cukup lama 2 hari di kapal, 1 hari di mobil dari Surabaya ke Jakarta. Sesampainya di Jakarta, bahkan waktu mau tanding masih terasa goncangannya dan saya bertanya  "ini sudah turun, apa masih dikapal?". Waktu itu saya ikut bertanding di KRAPSI ( Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Se Indonesia ) ke XXIV pada tanggal 24-26 Oktober 2002.
Meskipun kembali tidak menang, saya bangga pernah mengikuti dan mewakili SULTRA. Padahal disana (Kendari), saya dicari-cari sama guru olah raga untuk mewakili Sekolah bertanding antar sekolah.
Biarkan kulit menjadi hitam, asal apa yang kita senangi, kita jadikan hobi bisa membuahkan hasil. 

Dan Ternyata, saya menemukan alasan mengapa saya bisa menjadi pandai berenang ... 


Coba lihat Bulan dan Tahun di foto tersebut! Tertulis Mei '89, itu berarti saat saya umur 1 tahun, saya sudah diajarin berenang sama Papa tercinta... Sekarang saatnya saya mengajarkan anak saya untuk bisa berenang juga seperti saya, karena berenang banyak manfaatnya... Seperti yang di bawah ini, yang saya kutip dari http://inkesehatan.blogspot.co.id/2014/09/25-manfaat-berenang-bagi-kesehatan-tubuh.html .
  • Manfaat berenang bagi pria
Manfaat berenang bagi pria
Swimming Men

  1. Berenang dapat membantu membentuk otot kita, khususnya untuk pria bisa terlihat lebih sixpack dan sehat tentunya
  2. Agar perut tidak terlihat buncit
  3. Melatih otot agar menjadi lebih kuat
  4. Menjaga tubuh agar terus segar bugar
  5. Agar bisa menjaga keluarganya jika hal yang tidak diinginkan terjadi, contohnya anak atau istrinya tenggelam
  • Manfaat berenang bagi wanita,
Manfaat berenang bagi wanita untuk diet dan kecantikan
Swimming Woman
  1. Beranang sangat bermanfaat ketika sedang melakukan diet, karena apabila kita berenang sama halnya dengan kita membakar banyak kalori dalam tubuh bahkan kalori yang dibakar bisa sampai 24%. Selain itu dengan berenang rasa lelahnyapun tidak akan selelah olah raga melangsingkan tubuh yang berat.
  2. Membantu membentuk tubuh yang cantik dan tinggi
  3. Bisa membuat warna kulit menjadi lebih gelap kecoklatan dan seksi
  4. Membantu mengencangkan otot perut dada paha dan lengan
  5. Membuat tubuh menjadi tinggi semampai sesuai dengan yang kebanyakan wanita inginkan
  • Manfaat berenang bagi bayi
Manfaat berenang bagi bayi
Swimming baby
  1. Bayi yang berumur masih kecil sekitar 4 bulan, apabila diajarkan berenang akan membantu perkembangannya
  2. Membantu perkembangan saraf motorik bayi
  3. Dapat melatih keberanian buah hati sedari kecil
  4. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh (imun) bayi sampai dia besar nanti
  5. Akan sangat baik untuk membantu proses pertumbuhannya juga  
  • Manfaat berenang bagi ibu hamil
manfaat berenang untuk ibu yang sedang hamil
Swimming pregnant
  1. Memperlancar sirkulasi darah pada ibu yang sedang mengandung, sehingga ibu dan jabang bayi menjadi sehat.
  2. Membantu meningkatkan fungsi paru - paru dan jantung kita
  3. Dengan berenang ibu hamil bisa meningkatkan kekuatan otot - ototnya, terutama otot rahim dan pinggul yang sangat bermanfaat untuk proses persalinan
  4. Menambah daya tahan ibu agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit
  5. Agar tubuh tidak telalu membengkat pada saat hamil
  6. Bisa mengurangi stress dan rasa lelah dengan berbagai kegiatan sehari hari
  7. dan dapat membuat ibu hamil tidur lebih nyenyak 
  • Manfaat berenang bagi manula
Manfaat berenang untuk manula
Kakek
  1. Mengembalikan otot - otot yang mengendur seperti semula sehingga terlihat lebih kencang
  2. Menjaga tubuh agar tetap sehat karena kita tahukan manula itu sangat rentan sekali terkena penyakit
  3. Bisa berekreasi dan bersenang senang dengan seluruh keluarga menjadi manfaat dan moment paling penting untuk orang yang sudah lanjut usia
  4. Melatih otot - otot yang sudah sangat lemah
  5. Menghilangkan stress dan kejenuhan, manula itu sangat peka sekali mereka mudah sekali stress bahkan terkadang mereka mempunyai banyak pemikiran mengenai kematian yang bisa membuat menjadi depresi maka dari itu dengan berenang bersama keluarga sangat membantu psikologisnya.
  • Manfaat berenang bagi tubuh
Manfaat berenang untuk menjaga kesehatan seluruh keluarga
Family

  1. Dapat membantu melancarkan fungsi jantung dan paru - paru
  2. Bisa menambah tinggi badan lebih cepat
  3. Membantu melatih pernafasan, sehingga sangat baik sekali untuk penyanyi dll
  4. Membuat tubuh menjadi rileks sehingga stress akan menghilang setelah berenang
  5. Mengurangi resiko terkena stroke
  6. Mengobati cedera secara perlahan lahan tanpa membuat otot tegang 

Sekian cerita dari saya, intinya saya bangga pernah menjadi "Athlete Renang".
 

1 komentar: